Saturday, July 4, 2009

Tentang Alexa Rank

Mungkin bagi anda para blogger sedikit banyak sudah tahu tentang Alexa Rank, dan mudah-mudahan apa yang akan saya sampaikan di artikel ini bukanlah merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dan akan anda abaikan, karena setiap saya membuat suatu artikel, pasti ada nilai positif terhadap blog ini dan akan selalu saya bagikan buat para blogger atau pengunjung blog ini.

Saya meyakini bahwa tidak semua dari anda membutuhkan yang namanya Alexa Rank atau bahkan Google PageRank (PR), tapi yakinlah jika anda bertujuan untuk menjadikan blog anda bisa menghasilkan uang dengan monetasi blog, selain PageRank , Alexa Rank juga sangat penting untuk anda ketahui.

Mari kita lihat pengertian utama tentang Ranking Alexa.
Alexa akan menghitung ranking web dengan cara menganalisa trafik jutaan web dari Alexa Toolbar yang terpasang dan dari sumber trafik lainnya. Perhitungannnya adalah dengan mengkombinasi seberapa banyak pengunjung dan pageviews unik pada suatu web/blog selama kurang lebih 3 bulan. Dengan semakin banyak hit dan pageviews pada suatu blog, maka akan semakin tinggi peringkat web/blog tersebut. Angka tersebut dapat anda lihat dari widget yang dipasang oleh blog tersebut. Sebagai contoh, pageview yang dilakukan oleh pengunjung lebih dari sekali pada halaman yang sama oleh satu user, itu tetap akan dihitung satu pageview.
Jadi sebagai kesimpulannya, penghitungan Trafik Alexa adalah berdasarkan atas rata-rata jumlah pengunjung/visitors dan pageviews pada periode tertentu (sekitar 3 bulan).

Dalam rangking Alexa angka 500.000 itu dinilai lebih baik daripada 2.000.000, dan ini berbeda dengan Google PageRank, dimana angkanya berkisar 1 sampai 10 dan di Google, PageRank besar akan lebih baik daripada PageRank yang kecil.

Mengapa Anda perlu Menaikkan Alexa Ranking ?
Ini bukan merupakan suatu keharusan, namun saat ini para advertiser, webmaster dll menggunakan Alexa Rank sebagai dasar untuk menilai seberapa tinggi harga link blog anda. Jika anda ingin memonetize blog anda melalui program review seperti reviewme, sponsoredreview dll atau TLA (Text Link Advertisement, maka anda wajib menaikkan ranking Alexa anda. Kenapa begitu ? Karena semakin tinggi Ranking Alexa anda maka semakin tinggi juga bargaining power link anda dan itu berarti harga link blog anda juga akan tinggi.
Selain itu, meski anda memiliki tujuan selain bisnis dalam blog anda, saya pikir tidak ada masalah jika anda memasang Alexa toolbar dan Widget diblog anda, bisa jadi sangat bermanfaat untuk program anda yang lain nantinya.

Sebenarnya, data pengunjung yang diambil dari toolbar Alexa tidaklah dapat dijadikan sesuatu yang mewakili keseluruhan jumlah pengunjung internet di dunia. Bisa jadi perhitungan pengunjung satu web lebih atau malah kurang dari yang sebenarnya. Tapi, menurut saya itu nggak usah dibahas terlalu dalam, karena dengan segala kelemahannya, Alexa Rank saat ini masih dijadikan sebagai pedoman bagi advertiser untuk mengukur nilai link blog/web anda.

Bagaimana cara Menaikkan Ranking Alexa ?
Sebenarnya saya pun masih belajar untuk menaikkan ranking Alexa, namun pada intinya Alexa Ranking adalah Traffic. Dimana semakin banyak visitors dan pageviews di web/blog anda, maka bisa dijamin Alexa Ranking anda akan naik. Ada juga yang menggunakan cara yang kurang baik mencapainya dengan cara menyewa robot-robot untuk mengklik blog anda. Namun, saya sangat menyarankan agar anda memakai cara yang alami seperti yang saya lakukan dibawah ini :

Cara yang siple dan terbukti ampuh adalah dengan menjaga dan berusaha membuat konten blog yang bermanfaat bagi orang banyak, dan perbanyaklah blogwalking, memberikan komentar dan meninggalkan jejak anda disana. Di samping itu ada juga beberapa hal yang dapat menunjang kenaikan Alexa Ranking sebagai berikut :

  1. Menginstall Alexa Toolbar dan menjadikan blog anda sebagai default homepage. Silahkan anda mendownload Alexa Toolbar atau Search Status Extension.
  2. Memasang Alexa widget di web/blog anda.
  3. Menulis artikel tentang Alexa Ranking seperti yang saya lakukan. Dan pihak alexa akan senang sekali jika satu blog/web menulis tentangnya. Dan ini akan berpengaruh terhadap kenaikan ranking anda.
  4. Melakukan promosi blog yang intinya menarik sebanyak mungkin pengunjung ke blog/web anda.
Demikianlah informasi ini saya buat semoga dapat membantu anda, dan bila ada pertanyaan, anda bisa mengisinya di kolom komentar.

Terimakasih

13 comments:

  1. Pertamax....
    Benar mas apa yang sampean katakan, saya dapat duit juda dari 2 hal itu

    ReplyDelete
  2. nice info sob ..
    berguna banget buat aq ...
    hehehe ...
    keep posting sob ..
    :D

    ReplyDelete
  3. @Stop Dreaming... : syukurlah, ternyata apa yang saya informasikan di artikel ternyata salah satu, andalah buktinya. Tetap semangat ya sobat !!
    @ Bayu : Terimakasih kalau info ini berguna buat anda, saya pasti akan terus membuat postingan yang membantu anda semua para blogger dan pengunjung setia blog ini.

    ReplyDelete
  4. mantab, mantab, mantab ... artikelnya berbobot sob! keep posting bro. salam blogger

    ReplyDelete
  5. @Komputer-tech : Terimakasih sobat, semoga dengan adanya artikel ini, anda dan para pengunjung semua diingatkan kembali akan pentingnya Alexa Rank selain Google PageRank.

    ReplyDelete
  6. Alexa saya naik teru sob,, tp PR google g berubah-barubah,, nasibbbb,, uuhuhuhu

    ReplyDelete
  7. Makasih master atas info nya yg sangat bagus,ini bisa membuat saya terpacu utk meningkatkan mutu dari blog saya...

    ReplyDelete
  8. @ReMo-XP : jangan menyerah sobat, coba anda sering-sering berkomentar di blog teman, dan perbaiki konten serta lakukan seo di blognya, pasti nanti ada peningkatan. Tetap Semangat ok ?
    @Andy Stone Cold : Terimakasih kembali sobat, saya sangat senang sekali dengan semangat anda, semoga blog anda terus meningkat performanya.

    ReplyDelete
  9. infonya ok nih... emang gitu ya... sukses selalu utk anda sob..

    ReplyDelete
  10. Thanks atas info nya ...
    aku juga baru pasang alexa tool bar nya :)

    salam blushing

    ReplyDelete
  11. artikel alexa-nya bisa dijadikan contoh buat kita semua

    ReplyDelete
  12. Bagus banget isi artikel ini, benar-benar menambah wawasan.
    Jika tidak keberatan, maukah anda mengajarkan saya teknik lainnya?
    Karena website kami www.suarabola.com susah banget naik PageRank dan Alexanya.
    ditunggu emailnya ya. Terima kasih.

    ReplyDelete