Wednesday, May 13, 2009

Mendaftarkan blog di Yahoo Webmasters

Untuk anda para Blogger yang sering mengutak-atik di webmasters pasti sudah tahu kalau yahoo juga memiliki layanan ini dan sudah tentu gratis seperti halnya juga Google Webmaster Tool. Untuk anda yang sudah mencoba Yahoo Webmasters, sudah pasti artikel ini sangat dimengerti, dan saya khususkan tulisan berupa SEO Tips ini hanya untuk blogger pemula seperti juga halnya saya yang baru saja mengetahui tools ini.
Untuk yang belum mendaftarkan blognya di Gooble Webmaster Tool, silahkan membaca postingan sebelumnya tentang Gooble Webmaster Tool.
Sebenarnya tujuan menggunakan Webmaster tool adalah untuk memudahkan dan menganalisa perkembangan blog di mata Search Engine dan untuk meningkatkan traffik pengunjung blog.
Langkah-langkah untuk menggunakan layanan Yahoo Webmasters adalah sebagai berikut:
1. Silahkan anda klik tulisan Yahoo Webmaster ini. Maka akan tampil halaman seperti dibawah ini:
image
di bagian samping kiri silahkan anda klik "My Sites"
Jika anda belum login, maka loginlah terlebih dahulu dengan memasukkan User ID dan Password Yahoo anda.
Bila sudah, anda akan dibawa ke form seperti dibawah ini :
image
Selanjutnya ketiklah nama URL blogmu selengkap-lengkapnya dan lalu klik "Add My Site" Maka Blogmu akan ditambahkan di daftar site yahoo.
Kemudian anda klik Explore yang berada disebelah kanan nama blog anda yang baru ditambahkan tadi (lihat gambar dibawah).
image
Selanjutnya pada menu samping kiri klik "Feeds" untuk menambahkan feed blogmu.
image
Pada form sebelah kanan terdapat alamat feed blogmu, kalau masih menggunakan blogger anda tinggal mengetikan "atom.xml" di kotak yg kosong tersebut.
Selanjutnya klik Add Feed dan biarkan yahoo menambahkan feed blogmu untuk di diagnosa.
Langkah selanjutnya adalah membuat Authentication blog anda. Caranya : pada menu sebelah kiri klik tulisan Authentication maka sebelah kanan akan tampil kata-kata seperti ini “How would you like to authenticate your site?
cara autentifikasi blog ada 2 yaitu :
  1. dengan meng-upload file verifikasi ke Site Anda atau
  2. dengan menambahkan tag meta. Silahkan anda klik pada pilihan kedua jika anda menggunakan blogger.
image
Setelah anda klik pilihan kedua, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :
image
Lalu anda copy meta tag yang diberikan (tulisan yang dicetak tebal). Selanjutnya login ke blogger anda dan masuk pada "tata letak" trus ke bagian "Edit HTML" dan paste-kan kode tag meta tersebut dibawah < head >, kemudian simpan.
Lalu kembali ke halaman Yahoo Webmasters tadi dan klik "Ready to authenticate".
Sampai langkah disini, berarti blog anda sudah terdaftar di Yahoo webmasters, dan ini butuh waktu beberapa hari agar blog kita bisa di diagnosa oleh Yahoo Webmasters.
Oke, seperti biasa saya ingin mengingatkan anda untuk terus melakukan usaha/action terhadap blog anda agar bisa terus meningkat performanya, seperti juga semboyan blog ini yaitu "Stop Dreaming Start Action" dimana setiap kali kita berusaha, pasti akan ada hasil yang didapat. Seberapa besar hasil itu, tergantung juga seberapa besar usaha/action kita.
Oke cukup sekian pembahasan SEO Tips kali ini, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda sekalian. Bagi anda yang masih kesulitan dan belum berhasil, silahkan bertanya lewat ShoutMix atau kolom komentar.
Terimakasih.

1 comment: