Wednesday, May 13, 2009

Mendaftarkan Blog pada Google Webmasters Tool

Hallo rekan-rekan Blogger ? Pembahasan artikel SEO Tips kali ini adalah mengenai Google Webmasters Tool, yang merupakan salah satu layanan google untuk mempercepat terindeksnya setiap halaman blog kita pada search engine.
Dengan mendaftarkan blog kita pada layanan google ini, maka kita akan dibantu dalam beberapa hal tanpa biaya sedikitpun. Layanan yang bisa kita terima adalah mengetahui bagaimana google menganalisa konten, analisa web dan lain-lain. Selain itu juga terdapat analisa statistik, link internal/eskternal dan analisa feed/peta situs blog kita.
Anda Tertarik untuk mendaftar? langkah-langkahnya adalah sbb :
Login ke Google Webmasters Tool dengan account google yang telah anda miliki.
image
Pada halaman dashboard, ketik nama blog anda lalu klik "Tambahkan situs/Add Site" maka akan tampil gambar seperti dibawah ini:
image
Kemudian klik "Verify Your Site" dan kemudian anda akan disuguhkan petunjuk berikutnya seperti gambar dibawah ini:
image
Untuk verifikasi blog silahkan anda pilih metode "Tambahkan Tag Meta/Add a Meta Tag" Kemudian copy script meta tag yang diberikan.
Selanjutnya anda login ke blogger dan masuk pada "tata letak", lalu ke bagian "Edit HTML" dan paste-kan kode tag meta tersebut dibawah < head >, lalu simpan atau Save Template.
Kalau sudah disimpan, kembali lagi ke google webmasters dan klik "verifikasi". Sampai disini anda sudah berhasil menambahkan blog anda ke Google Webmasters.
Supaya Google webmasters dapat menganalisa blog anda silahkan masukan feed atau peta situs anda (sitemaps).
Caranya pada Google Webmasters masuk ke bagian Peta Situs dan tambahkan Peta Situs blog anda.
Untuk alamat peta situs blogger adalah http://www.namablog.blogspot.com/atom.xml atau bila anda sudah mengganti domain anda, maka URLnya adalah seperti ini : http://www.namabloganda.com/atom.xml.
Lalu anda tunggu kira-kira 1 x 24 jam agar blog anda diperiksa oleh mesin google.
Jika Blog anda sudah berhasil dirayapi oleh mesin google maka kita bisa mengetahui peringkat keyword kita dalam google search engine.
Langkah yang anda lakukan ini adalah salah satu usaha (action) seperti semboyan blog ini yaitu "Stop Dreaming Start Action", dan apabila kita sudah berusaha, pasti akan ada hasil yang didapat.
Demikian informasi SEO Tips mengenai cara mendaftarkan Blog pada Google Webmasters Tool, semoga bermanfaat. Bila ada yang belum mengerti dan ingin dibantu, silahkan tanyakan di kolom komentar atau kalau cuma pesan singkat, bisa lewat ShoutMix.
Terimakasih.

9 comments:

  1. saya udah coba webmaster

    kok belum dapat page rank yaw

    hehehehe

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak sobat...
    Saya baru tau tentang webmaster setelah saya membaca artikel ini, yang pasti saya sudah melihat langsung hasilnya. Kebetulan saya masih baru, sehingga belum begitu mengerti tentang SEO, semoga lebih banyak SEO tips lagi yang akan di posting. saya tunggu... :)

    ReplyDelete
  3. Mas ko blog saya ga bisa di verifikasi, ketika saya simpan code meta tag lalu ada tulisan.

    kami tidak dapat menyimpan template anda, harap perbaiki kesalahan dibawah ini,dan kirimkan template anda lagi. template anda tidak dapat di parse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen xml ditutup dengan benar

    ReplyDelete
  4. Oke, terimakasih sudah membaca artikel ini.

    Kalau melihat dari kode kesalahan diatas, kelihatannya anda ada kesalahan pada saat mengcopy kode MetaTag, coba lakukan sekali lagi dengan mengikuti langkah-langkah dari artikel saya mulai dari awal dengan teliti. Selamat mencoba kembali dan semoga berhasil. Mudah-mudahan jawaban dari saya ini bisa membantu.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  5. mas mao tnya nic,, klo d tmpat sya da error kya gni,,
    keluar

    Crawl Error

    HTTP
    --
    In Sitemaps
    --
    Not followed
    --
    Not found
    --
    Restricted by robots.txt
    --
    Timed out
    --
    Unreachable

    ReplyDelete
  6. thanks bgt boz atas saran2nya.. nech berguna bgt...

    ReplyDelete
  7. rasanya iri melihat pagerank mas, ..pagerank ku masih 0..huhu…kasihan..emng si..baru sebulan..senang berkunjung diblog ini

    ReplyDelete
  8. Saya sudah memiliki akun di webmastertools.
    Terus Gimana cara mengoptimalkan keyword ang telah diberikan oleh webmasterto0ls?

    ReplyDelete