Monday, June 1, 2009

Cara Promosikan Web/Blog Anda

Hallo rekan-rekan blogger semua, kali ini saya ingin memberikan informasi SEO Tips mengenai Cara Promosi Web/blog Anda.
Sebenarnya, banyak sekali Cara Promosi yang bisa anda lakukan dan ini semuanya gratis, cuma memerlukan waktu dan ketekunan sampai Web/Blog anda tampil di mesin Pencarian. Juga hampir disetiap buku yang saya baca tentang teknik Promosi Web, pada dasarnya adalah sama, dan bagi para Blogger Pemula yang tidak sempat membaca bukunya, dan kebetulan mengunjungi serta membaca artikel ini, semoga mendapatkan manfaat tentang tata cara mempromosikan Web/Blog anda (Bukan hanya dibaca saja ya, tapi juga DILAKUKAN)
Berbagai cara yang harus dilakukan (dan saya-pun melakukan ini !!) adalah sebagai berikut :
1. Via Mailing list
Jangan pernah menyepelekan peran e-mail sebagai cara efektif untuk membawa orang-orang ke Web/Blog kita. Tapi untuk mengirimkan informasi kepada mereka secara satu persatu, itu membutuhkan waktu yang sangat panjang dan melelahkan. Dalam postingan kali ini, saya ingin memperkenalkan tentang Mailing List.
Apa itu Mailing List ?
Mailing List adalah suatu komunitas yang memiliki ratusan atau lebih anggotanya, nah bisa anda bayangkan bila kita bergabung dalam suatu komunitas Mailing List dan mempromosikan blog lewat artikel/postingan kita dan memberitahukan serta mengirimkannya via e-mail kepada mereka, kira-kira bagaimana hasilnya ? Bukankah ini cara yang lebih baik daripada harus mengirimkan satu persatu kepada mereka ?
Beberapa info Mailing List yang bisa anda coba adalah :
2. Via Search Engine dimana anda mensubmit Web/Blog
Mungkin anda sudah tahu bahwa kebanyakan orang selalu mencari informasi lewat search engine seperti google, yahoo, search engine lainya. Nah kalau memang keadaannya seperti itu alangkah baiknya kalau web/blog/situs kita juga terindex di mesin pencari tersebut.
Ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu:
  1. Kita bisa langsung mendaftarkan blog pada mesin pencari tersebut contohnya anda bisa lakukan disini : www.google.com/addurl
  2. Menggunakan pihak ketiga yaitu suatu program yang akan langsung mengirimkan URL web/blog/situs kita ke beberapa mesin pencari.
Dibawah ini merupakan alamatnya dan anda tinggal pilih sendiri :

3. Tukaran Link
Dalam Point yang ketiga ini, mungkin yang sering anda lakukan, atau istilahnya Tukaran Link. Rata-rata setiap blog yang saya kunjungi, selalu terdapat fasilitas ini namun ada juga yang belum memasangnya. Mengenai Tukaran Link anda bisa lihat di blog saya contohnya yaitu http://www.tentang-komputer-internet.co.cc/2009/05/automatic-exchange-link-banner.html.
Selain untuk mempromosikan web/blog kita, manfaat dari tukaran link ini adalah supaya kita tidak lupa untuk mengetahui alamat dari blog atau situs tersebut.
4. Berilah komentar pada blog yang lain
Dengan memberikan komentar pada blog orang lain, kita bisa mendapatkan manfaat yaitu kita sudah memiliki link dan menerima backlink dari blog tersebut.
5. Mencantumkan Alamat web/blog atau Signature
Untuk setiap e-mail yang kita kirimkan, usahakan dicantumkan pula alamat web/blog/situs atau Signature(tanda tangan) kita. Kebanyakan program e-mail seperti Netscape dan Outlook menyediakan fasilitas untuk membuat tanda tangan digital (digital signature) yang akan muncul di akhir setiap pesan yang kita kirim.

6. Forum Internet
Forum Internet adalah layanan atau aplikasi dimana orang-orang bisa berdiskusi melalui web. Dikenal juga dengan web forum, newsgroup, discussion board, atau buletin board.
Sebagaimana forum-forum konvensional, forum internet dapat memiliki ratusan bahkan ribuan member, dan ini adalah peluang yang baik untuk memperkenalkan situs kita.
Oke, seperti biasa saya ingin mengingatkan mengenai semboyan blog ini yaitu "Stop Dreaming Start Action", selamat mencoba/action agar blog anda bisa meningkat performanya.
Sampai disini dulu pembahasan SEO Tips dan semoga ini bisa bermanfaat bagi anda semua dan bila rekan-rekan blogger memiliki ide lain, bisa di share dikolom komentar.
Terimakasih.

4 comments:

  1. makasih tipsnya, saya akan coba terapkan untuk blog saya!

    ReplyDelete
  2. salam kenal.. apabila anda berminat mempromosikan produk anda, baik barang ataupun jasa.
    ataupun untuk mempromosikan website / blog anda, silakan kunjungi:
    http://www.add-intersam.co.cc » iklan gratis tanpa daftar
    anda dapat memasang iklan sepuasnya tanpa dipungut biaya alias GRATIS..

    ReplyDelete
  3. tips yang menarik dan bermanfaat dengan penyajian yang jelas dan mudah dipahami. Thank sahabat sudah berbagi.

    ReplyDelete
  4. ni juga lagi nerapin cara yang nomer 4

    ReplyDelete