Saturday, June 13, 2009

Trik Mempercepat Loading Blog anda

Berbicara masalah kecepatan loading sebuah blog yang kita buka, itu menurut saya merupakan salah satu faktor penting yang menunjang traffic pengunjung. Percuma saya blog kita sudah memiliki Pagerank yang tinggi, tapi saat blogwalking, prosesnya sangat lama dan membuat pengunjung jadi bosan dan kesal, akhirnya tab tersebut di close atau search another blog.
Sungguh sangat disayangkan bukan, kita cape-cape membuat blog yang seindah mungkin, tapi saat dibuka blog kita memakan waktu lama untuk me-load, dan akhirnya banyak pembaca/pengunjung yang meninggalkan blog kita sebelum mereka punya kesempatan untuk membacanya.
Berikut ada beberapa tips dan trik untuk mempercepat Loading Blog Anda, dan akhirnya akan menarik lebih banyak pengunjung :
  1. Posts
    Waktu loading yang diperlukan oleh Blog Anda, dipengaruhi oleh besarnya posting atau widget berupa gambar (apalagi dalam bentuk flash) yang kita buat dan ditampilkan pada halaman utama. Sebetulnya, anda dapat dengan mudah mengatur jumlah posting yang ditampilkan di halaman utama dari Pengaturan Format tab jika anda menggunakan jasa Blogger.com. Kemudian anda dapat memilih besarnya jumlah posting yang akan ditampilkan pada halaman utama. Saya menyarankan untuk menampilkan 10 atau lebih sedikit posting di halaman utama atau menggunakan script seperti dalam blog saya ini (read more).
    Bila anda menggunakan Pihak Ketiga berupa JavaScript dan Link Blog yang memuat kecepatan optimal, saya sarankan menggunakan Javascript,widget dan link dari Google / Blogger. Namun menurut saya, blog Anda akan meload lebih cepat jika menaruh semua JavaScript di bagian bawah blog Anda, atau jiga ingin menempatkannya di Sidebar, tempatkanlah itu di bagian bawah sidebar.
  2. Foto dan Media
    Semakin banyak video, gambar atau multi-media lainnya yang ada di blog Anda akan membuat proses loading semakin lama. Tapi memang gambar atau multimedia lainnya cukup penting juga untuk menarik pengunjung dalam membaca blog Anda, jadi penting bagi anda untuk mengoptimalkan kecepatan dalam memuat gambar ataupun media lainnya.
Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan anda dalam memuat media :
  • Alangkah baiknya bila ukuran/size gambar Anda dikurangi atau gambar kecil yang menggunakan link ke image ukuran penuh.
  • Jika anda menggunakan gambar dari pihak ketiga, coba meng-upload-nya lewat Picasa Web Album melalui editor posting Blogger.
  • Jika Anda memiliki sejumlah besar gambar untuk ditampilkan, Anda dapat meng-upload dahulu semua foto Anda ke Picasa Web Album lalu link-kan ke album anda, baru di posting.
  • Jika Anda telah menambahkan CSS custom untuk blog Anda, pastikan Anda letakkan di bagian atas halaman.
    Untuk konten yang paling penting dari blog Anda, khususnya yang memberi perhatian buat pembaca, itu harus cepat loadingnya.
Demikianlah sekilas Belajar Blog mengenai teknik mempercepat loading Blog, semoga ini bisa membantu kalian semua, dan ingat semboyan yang selalu saya ingatkan mengenai "Stop Dreaming Start Action", dimana kita harus terus berusaha dan belajar dan menghasilkan yang terbaik.
Selamat Mencoba, dan bila ada kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya lewat kolom komentar, dan saya akan coba untuk membantu.
Terimakasih

28 comments:

  1. PERTAMAX

    Ooooo ntar saya coba... kalo masih lambat aku balik lagi kesini

    ReplyDelete
  2. Oke, terimakasih kalau artikel ini bisa membantu anda, bila masih juga lambat, saya siap untuk berusaha membantu.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  3. terimakasih atas infonya sobat,. sangat membantu sy,. tlg beri arahan / saran yg membangun pd blog sy utk loadnya ,. and sukses sll sobat...

    ReplyDelete
  4. Wuuahhh...kk..ini nih yg ku cari...skarang dah kusingkirkan bbrapa widget yg prioritasnya rendah..btw ka aku baru pasang widget follower nya google...jdi masi kosong...kalo bisa kunjungan balik ke blog saya yg newbie ini ..jdi follower saya y ka..ditunggu loh kaak...thx 1000000000000x..hhe :D :D

    ReplyDelete
  5. Terimakasih ritz kalau postingan ini bisa membantu anda, saya sudah mencoba loading blog anda dengan iwebtool dan hasilnya cukup bagus yaitu 107.36 KB (size), 0.39 seconds (load time).

    Sebenarnya yang lebih bagus adalah size harus lebih kecil atau sama dengan 100 KB, tapi saya rasa sudah cukup dan kalau mau menambahkan gambar atau animasi flash, lebih baik simpan di Picasa Web Album terlebih dahulu baru di link-kan.

    Demikian informasi yang bisa diberikan, semoga bermanfaat.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Untuk Bapak Reza, saya sudah check loading blog anda dan hasilnya lumayan yaitu :
    Size = 123.74 KB
    Load time = 0.33 seconds
    alangkah baiknya kalau blog anda selalu di update dan widget yang tidak perlu, lebih baik dibuang saja.
    Saya barusan sudah follow blog, seperti yang anda minta.

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat, dan tetaplah setia berkunjung di http://www.tentang-komputer-internet.co.cc untuk selalu mendapatkan info terbaru.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  7. thx sudah jadi follower...saya juga sudah follow blog ini..n untuk saran sangat membantu...semoga sukses selalu...untuk "bapak" kayaknya kurang cocok..pertama saya masi sma klaz 1 n ke-2 saya belum punya anak..hhe...thx buat saran nya kk kwankxz... ^^ maju teruzz blogger indonesia.... ^^

    ReplyDelete
  8. wah keren nich postingannya bermanfaat banget...makasih yahh...sukses selalu
    maju terus blogger indonesia...
    salam blogger...thanks...

    ReplyDelete
  9. Makasih mas atas infonya. I like it . . . good blog

    ReplyDelete
  10. maksih infonya... kebetulan punya pandu berat juga nih... sekarang jadi tau kenapa... thx infonya ya sob...

    ReplyDelete
  11. wah ini artikel yg sy cari..
    makasih brow

    ReplyDelete
  12. makasih buat masnya....klo butuh bantuannya saya minta bantuan masnya lagi

    ReplyDelete
  13. Tipsnya ok jugan perlu dicoba nih.. makasih atas share nya sobat

    Saung Web

    ReplyDelete
  14. mas, blog saya gimana mas? sebenernya dah lumayan c. tapi masih pengen lebih cepet. maksudnya kalimat ini apa mas? "lebih baik disimpan di picasa baru di link-kan"
    apa bedanya dengan meng-upload langsung ke theme blog?

    ReplyDelete
  15. Kelihatannya sip, tak coba dulu ya, thanks

    ReplyDelete
  16. boleh nih sob infonya, aku juga pake compressor dibeberapa komponen blog aku, tapi klo untuk yang eksternal hosting atau tempat penyimpanan media online belum nyoba sih, kayanya boleh juga tuh biar blog lebih lancar, terutama buat gambar yang bikin lemot hehehe. Thank ya sob infonya

    ReplyDelete
  17. tromakasih infonya
    blog saya berat banget soalnya mas

    samal kenal ya mas

    ReplyDelete
  18. tips yang menarik, mas. blog saya lemooot banget. mungkin karena banyak gambar nya kali ya :D
    atau pengaruh banner berjalannya? saya ndak tau. soale lagi senang-senangnya bikin blog baru hohoho. jadi kalau lemot jadi pengunjung bakal kabur ya. waah… musti di rampingkan nih. terima kasih buat sharing infonya :) salam kenal dan happy blogging

    ReplyDelete
  19. makasih gan infonya sangat bermanfaat... saya coba praktekin dulu soalnya load blog saya kayak siput ...

    ReplyDelete
  20. gan terima kasih setelah saya praktekin step by step situs saya sekarang lumayan ngebut... very recomended article... terus semangat ngasih info buat kami kami para newbie yah gan

    ReplyDelete
  21. makasih GAN infonya, ane masih bek\lajar nih

    ReplyDelete
  22. makasih kang atas sarannya.....akan saya perhatikan

    ReplyDelete
  23. Makasih infonya sangat menarik...

    ReplyDelete
  24. Makasih gan, info yang sangat bagus, sepertinya harus bersih2 widget nih spy loadingnya lebih cepet.

    lam kenal ya gan,
    btw, sy dah follow blognya, follow me back ya kang KWANGKXZ

    ReplyDelete