Monday, June 15, 2009

Seberapa Beratkah Loading Blog Anda ?

Hallo sobat setia Tentang Komputer dan Internet, dalam artikel Belajar Blog kali ini saya mau coba berbagi informasi mengenai Cara Mengetahui Seberapa Berat Loading Blog anda, karena dalam pembuatan sebuah blog, kita pasti akan membuatnya semenarik mungkin agar para pembaca/pengunjung bisa betah berlama-lama di blog kita.
Tapi terkadang, saking semangatnya usaha (action) seperti semboyan saya "Stop Dreaming Start Action", kita dalam mempercantik blog, lupa akan sesuatu yang dianggap sepele, tapi berdampak sangat buruk, yaitu loading dan speed blog kita jadi lambat, dan itu akan mengakibatkan perginya pengunjung kita karena saking lambatnya.
Coba kita bayangkan, walau blog kita bagus tapi dibukanya lama sekali, maka pengunjungpun jadi enggan untuk singgah di blog kita. Mungkin dari antara kalian tentu pernah membuka suatu web/blog yg prosesnya lama sekali, dan karena saking lamanya akhirnya kita tidak jadi membuka web/blog tersebut. Nah tentu anda tidak mau khan hal tersebut terjadi pada blog yang kita buat ?
Sebelum anda mengutak-atik atau me-minimize loading blog anda, saya punya sesuatu alat yang bisa mengecek, seberapa besar (size)dan beratnya blog kita saat di load ?
Namanya adalah Speed Test dari Iwebtool.com dan anda bisa membukanya disini.
Anda tinggal memasukkan alamat blog yang ingin di cek (bisa beberapa sekaligus, tapi max 10 URL). Kemudian hasilnya akan langsung keluar berupa : Size, Load Time dan Average Speed per KB.
Yang perlu anda perhatikan adalah "Size", karena "Load Time" dan "Average Speed per KB" hasilnya akan selalu berubah-ubah. Jika hasil tes menunjukkan blogmu size-nya lebih dari 100 KB, usahakan untuk menguranginya dengan cara mengurangi pernak-pernik yang kurang begitu berguna, dan informasi untuk mengatasi hal ini bisa anda lihat di artikel saya yang berjudul “Trik Mempercepat Loading Blog Anda
Selamat mencoba, dan seperti biasa bila anda menemui kesulitan, saya akan berusaha untuk membantu anda.
Sekian dan Terimakasih.

3 comments: