Saturday, June 27, 2009

Apakah Backlink meningkatkan PageRank ?

Hallo rekan-rekan blogger dan pengunjung setia Web Tentang Komputer dan Internet, SEO Tips kali ini membahas tentang Apakah benar Backlink bisa meningkatkan Page rank ?

Sebelumnya, saya akan menerangkan dulu apakah yang dimaksud dengan Backlink, dan untuk rekan blogger yang sudah master dalam hal ngeblog, anggaplah artikel ini untuk lebih mengingatkan akan pentingnya faktor Backlink di blognya.

Backlink adalah merupakan link website dari blog kita yang secara langsung atau tidak tersimpan di web/blog orang lain. Backlink bisa menjadi penting karena Google memberlakukan beberapa kriteria kepada website yang muncul pada halaman pertama dari hasil pencarian, dan jumlah backlink merupakan salah satu kriteria diantaranya.

Mungkin ada diantara anda masih bingung mengenai manfaat backlink ini, coba anda buka browser (IE, Mozilla, Opera, atau yang anda gunakan) lalu ketikkan www.google.com pada kolom alamat URL yang akan dituju. Lalu ketikan kata "Bisnis Online" disitu, maka anda akan mendapatkan 20 link website pada halaman pertama. Nah website yang berada pada urutan halaman pertama merupakan website yang memiliki backlink terbanyak diantara yang lain.

Dan semakin sering web/blog anda muncul pada hasil pencarian di Google, maka akan semakin banyak pengunjung yang membuka website anda, dengan demikian secara otomatis ranking /pagerank juga akan semakin tinggi. Semakin banyak backlink yang anda miliki, maka akan semakin tinggi pula rankingnya.

Apakah benar backlink bisa meningkatkan Pagerank ?

Jawaban saya adalah "Ya", namun jika ditanya apakah backlink merupakan hal yang utama untuk meningkatkan pagerank di web/blog kita ? Ternyata tidak sepenuhnya page rank dapat meningkat dangan hanya melalui backlink saja. Memang Google melihat faktor seberapa penting website kita di website orang lain, namun backlink saja tidak cukup untuk meningkatkan page rank.

Saya mencoba untuk menepis anggapan bahwa untuk meningkatkan pagerank, kita harus melakukan backlink sebanyak mungkin. Saya menulis blog ini juga baru beberapa bulan saja, tapi sebelumnya saya sudah memiliki 1 web/blog dalam bahasa inggris, lalu saya lakukan beberapa trik SEO dan backlink dengan blog sahabat, tapi sudah 2 bulan belum ada peningkatan, akhirnya setelah mempelajari lebih jauh mengenai cara meningkatkan performance blog dari artikel dan postingan yang saya lihat dan melakukannya, akhirnya web/blog tersebut naik dengan PR 1, begitu juga dengan blog ini, bisa langsung naik dari PR 0 langsung menjadi 2. Anda ingin tahu apa saja sih yang saya kerjakan selama itu ?

Didalam web/blog tersebut, saya melakukan beberapa hal yaitu :

  1. Menambah atau update artikel setiap 3 hari sekali.
  2. Memberikan konten download gratis.
  3. Memberikan konten video klip.
  4. Memberikan konten Newspaper.
  5. Mendaftarkan situs saya di Yahoo, Google, Dmoz.org dan search engine lainnya.
  6. Memasukkan feed reader dari website lain.
Langkah-langkah tersebut diatas saya lakukan secara rutin, dan kadang saya membuka web/blog saya sendiri untuk meningkatkan pageview. Lalu saya menunggu selama tiga bulan, dan akhirnya saya bisa mendapat pagerank 2 untuk blog ini, menarik bukan ?

Kenapa saya harus menunggu selama tiga bulan setelah saya melakukan semua itu ? Jawabannya adalah karena website yang umurnya kurang dari tiga bulan belum diperhitungkan untuk bisa mendapatkan pagerank, dan ada kalanya sebuah blog bisa masuk dalam Sandbox kalau kita membiarkan blog tersebut tanpa di perbaharui atau anda melakukan kesalahan didalamnya. Dan selama di Sandbox, anda jangan harap mesin pencari atau search engine akan menemukan website kita, meski ketemu-pun paling-paling hanya untuk bagian halaman depannya saja.

PageRank 2 bisa saya capai berkat langkah-langkah diatas, jadi bisa dibilang saya telah membuktikan bahwa backlink bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan PageRank.

Ada beberapa langkah lagi sebagai tips dari saya jika anda ingin memperoleh pagerank tinggi yaitu :

  1. Belilah domain dan segera onlinekan hostingnya, meskipun anda belum mempunyai artikel untuk di muat.
  2. Updatelah artikel secara rutin dengan artikel yang sedang trend sesuai dengan tema website anda.
  3. Masukanlah konten seperti : Newspaper, Video, Feedreader, dan lain-lain.
  4. Submit kan ke Google, Yahoo, Dmoz.org, dan search engine lainnya.
  5. Lalu tunggu dan bersabarlah, karena Google baru memperhitungkan website kita setelah umurnya lebih dari tiga bulan.
  6. Apabila anda seorang Internet marketer, selagi menunggu pagerank, teruslah membuat website dengan cara yang sama seperti yang saya sebutkan diatas.
  7. Dan yang terakhir, teruslah berkarya dan jangan putus asa bila anda menemukan kesulitan.
Bagaimana menurut anda ?

Apakah blog anda juga ingin memiliki page rank tinggi ?

Selamat mencoba dan semoga informasi yang saya sampaikan ini bisa berguna buat anda semua, dan bila ada usulan yang lebih baik atau komentar mengenai artikel ini, anda bisa isikan di kolom komentar.

Satu hal lagi yang ingin saya bagikan sesuai dengan semboyan "Stop Dreaming Start Action", kita bisa mewujudkan apa yang kita inginkan dengan action atau usaha yang maksimal.

Terimakasih

30 comments:

  1. Benar tuh sob....saya jg melakukan 6 poin diatas. Dan hasilnya, blogku naik dari PR 0 jdi PR 2....Skrg akhirnya sdh PR 3...

    ReplyDelete
  2. Artikelmu sangat menarik sob. Namun perlu diingat juga, sekedar menambahkan yaa, bahwa pagerank itu adalah penilaian Google pada kekuatan/derajat pentingnya website tersebut. Alangkah baiknya jika pagerank website tinggi dapat memuat sebuah niche keyword/market yang dapat membuat pengunjung mencari informasi spesifik namun mendalam. Hal ini tentunya dapat sangat berguna dalam hal hasil pencarian di SERP.
    Blogmu ini sudah memuat niche keyword yang bagus. Terus berkarya dan sebarluaskan pengetahuan kepada blogger Indonesia yang lain.

    Salam bahagia, jakarta spa

    ReplyDelete
  3. sedikit tambahan sob!! blog tidak harus menunggu 3 bulan baru bisa mendapatkan page rank!! page rank adalah popularitas artikel kita di search engine! blog saya baru berumur belum 2 genap 2 bulan tapi sudah dapat PR 3 ketika google melakukan update PR. ini artinya tidak ada ketentuan umur blog harus 3 bulan baru bisa dapat PR.karena blog blog saya yg sudah umur antara 3 bulan sampai 4 tahun PR nya masih nol karena nggak pernah update. heeeeeeeeee!! maklum sibuk ngurusin blog yg baru ini!!http;//asuindo.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. setuju dengan lusalary, yang terpenting adalah blog kita benar-benar berguna bagi orang lain dan otomatis semua yang kita butuhkan akan kita dapatkan.

    ReplyDelete
  5. ooooo... pantes blog sayah belum dihajar pagerank.... kan blog sayah masih imut imut... hihihihihihi......

    ReplyDelete
  6. mantap artiklenya........
    pagerank saya ngendon ada apa ya......?

    ReplyDelete
  7. Artikel yang sangat bermanfaat bagi saya. Terima kasih sobat.

    ReplyDelete
  8. hohoo nice information brother hehehe salam kenal ya semangat buat dapatin PR y abro

    ReplyDelete
  9. artikel yang menarik...
    keren artikel ini menambah pengetahuan saya tentang backling... thx sob..

    ReplyDelete
  10. Lebih lanjut yaa..Lantas, kalau sudah dapat PR tinggi, mau apa? Blog yang bukan menganut internet marketer tidak butuh PR banyak-banyak..

    ReplyDelete
  11. kalo saya kasusnya aneh kawan.
    Blog saya yang ini baru 3 minggu saya buat.
    Backlinks pernah saya cek cuman ada 36

    Nah pada tgl 24 Juni, tepatnya blog saya berumur 1 bulan, saya sudah mendapatkan pagerank 3.
    dan backlinks hanya ada 56.

    Saya jadi berpikir, soalnya blog saya yang satunya yang telah berumur 4 bulan hanya mendapatkan PR2 dengan backlinks 108

    Mungkin saya berpikir traffic memperngaruhi PR
    soalnya blog saya yang newgila, dalam 1 bulan pengunjungnya sudah 9100-an

    ReplyDelete
  12. Nah ini blog saya yang kemaren dapat PR2
    kemaren seharusnya dah dapet PR 2
    cuman karena ikut blog review, turun kasta PR1
    tapi sekarang dah naek lagi jadi PR2

    ReplyDelete
  13. nice info sob..... btw, blog wa baru seumuran jagung nie... bru 2 minggu lum ada........ pantesan PR gak naik2...... moga2 aja bentar lagi da peningkatan.......
    btw masa iya sie yg dikatakan gila naruto, ikutan blog reviews bisa turunin PR.....???

    ReplyDelete
  14. wah boleh jg nih tipsnya,,,bnyak yg blm aku coba ^^

    ReplyDelete
  15. wah nice info, w msih mnungu penaikan PR blog w nic,, blog w ru berumer 2 mingu,, heheheh
    yg laen mohon bantuan na ya heheh

    ReplyDelete
  16. @RanggaGoBlog : tidak apa2, anda masih banyak kesempatan untuk menaikkan PR blognya.
    @bunga raya : terimakasih, coba anda baca artikel saya tentang seo tips dan artikel lainnya dan terapkan di blog anda, serta lakukan update konten secara berkala, nanti juga PR nya pasti ada peningkatan.
    @Seti@wan : terimakasih kembali sobat.
    @Juliawan : terimakasih dan salam kenal kembali.
    @Pandu : sama-sama sobat.

    ReplyDelete
  17. @Vicky : memang kalau kita membuat sebuah blog/jurnal harian, itu tidak perlu PR yang tinggi, tapi alangkah baiknya kalau blog kita bisa menjadi kumpulan informasi yang berguna dan bisa dibaca oleh para blogger pemula, dan untuk mencapai hal tersebut, kita membutuhkan PR.
    @Newsgila : ya betul sekali sobat, backlink hanya salah satu cara untuk meningkatkan PR, tapi masih banyak cara lain yang dapat kita lakukan, dan salah satunya adalah TRAFFIC seperti yang terjadi pada blog anda.
    @Gila Naruto : ya benar, saya pernah membaca saat search di google, bahwa ternyata blog
    review, itu menyebabkan penurunan pada PR, kita juga harus memperhatikan beberapa ketentuan
    yang ditambahkan oleh google, seperti juga pada Google Adsense.
    @King : menurut saya juga begitu sobat, tapi jangan khawatir, bila anda juga sering update
    konten blog anda dan rajin berkomentar di blog yg ber PR tinggi, pasti PR nya akan meningkat lagi.
    @RiP666 : dicoba saja sobat.
    @Zaskia : terimakasih.
    @Alone Ranger : sambil menunggu, teruskan update konten anda dan sering-sering berkomentar di blog saya atau blog lainnya, serta terus lakukan seo, nanti pasti ada peningkatan.
    Terimakasih atas komentar dan sarannya yang sangat membangun untuk blog ini dan bagi para pengunjung semua.

    ReplyDelete
  18. setelah menghabiskan beberapa saat membaca
    artikel ini, membuat kami jadi pengen segera
    mencobanya. kami bingung, padahal dulu PageRank
    Website kami 4, tiba-tiba drop jadi 1, trus
    alexanya tetap ga mau bergerak, di sekitar
    140.000an, bisa memberi kami masukan ga? kami
    tunggu email dari anda yah. Thanks,nice post :)

    Admin iklan-laris.com

    ReplyDelete
  19. Saya juga sangat terkesan dengan artikel yang
    satu ini. singkat, padat dan jelas. mau jg donk,
    trik dan cara menaikkan Alexa dan PageRank
    di website saya, susah sekali rasanya untuk
    mendapatkan trik yang tepat. jika perlu,
    bisa tolong di cek di : www.bungkusan.com ?
    benar-benar butuh masukannya.
    Ditunggu emailnya yach, makaciii

    ReplyDelete
  20. artikel ygbgs mas, sangat bermanfaat buat saya yg blog berumur 1 bln....sy harus banyak belajar dari sobat ni...^_^...., bisa tukeran link mas?...link nya sy langsung pasang skrang ni di blog sederhana saya, mudahn2 bisa jd page rank tinggi seperti blog sobat satu ni....

    ReplyDelete
  21. Artikel bermanfaat mas. lagi belajar SEO nich.
    jangan lupa mapir ke blog saya mas:

    http://catatanspinx.blogspot.com/

    ReplyDelete
  22. artikelnya menarik...makasih ya infonya

    ReplyDelete
  23. Ucapan saya adalah salut untuk anda. karena artikel anda diatas benar2 berarti bagi saya terutama blog saya yang masih belum ada peningkatan PR Sedih rasanya......
    tapi setelah melihat artikel ini saya mulai ada semangat untuk apa yang telah anda tuliskan pada artikel ini.

    ReplyDelete
  24. wah makasih atas infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  25. wah artikel yg bagus banget
    saya gak tau berapa PR saya mas
    yang saya lakukan hanya menulis yg ingin saya tulis, maklum baru belajar ngeblog sebulan,hehehe

    salam kenal ya

    ReplyDelete
  26. pagerank saya masih 0 mas...


    kayaknya kudu belajar banyak dari ahlinya...

    ReplyDelete
  27. ok bgt nas tipsnya..,
    sip bgt buat yang baru newbie.,

    ReplyDelete
  28. mantep gan tip nya, jadi musti sabar nih,
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  29. Wah,ini baru pencerahan, nice post...terima kasih. Saya newbie banget, baru pertama kali punya blog. Mudah2an diberi kemudahan n kesabaran. Mampir ke blog saya

    http://adityakeceng.blogspot.com/

    ReplyDelete